Rahasia Bayam Menguatkan Otot

Khasiat bayam untuk memperkuat otot-otot bukan hanya kisah dalam “Popeye the Sailor Man”, kini telah terbukti secara ilmiah.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ahli dari Institut Karolinska di Swedia menemukan bahwa bayam mengandung senyawa tertentu yang dapat memperkuat otot-otot. Senyawa tersebut bukanlah besi (seperti yang diduga), tetapi nitrat.

Untuk sel-sel otot, nitrat mampu merangsang mitokondria untuk dapat bekerja lebih efisien. Sel-sel mitokondria dalam otot kemudian mampu menghasilkan energi yang lebih besar, meskipun dengan jumlah oksigen yang rendah.

Peningkatan kemampuan mitokondria untuk menghasilkan energi secara efisien dapat dirasakan dalam waktu 3 hari. Dengan konsumsi nitrat secara teratur 300 gram/hari, kebutuhan otot akan oksigen menurun secara signifikan, yaitu antara 3-5%.

“Fungsi nitrat mirip dengan bahan bakar aditif atau penambah oktan pada mesin kendaraan. Senyawa ini mampu membuat otot bekerja lebih halus dan efisien,” kata Dr. Eddie Wietzberg, yang memimpin studi tersebut, seperti dilaporkan oleh Telegraph.

Manfaat bayam untuk otot, populer dalam karakter kartun “Popeye the Sailor” sejak tahun 1930an. Film, yang awalnya diangkat dari cerita komik, merupakan bagian dari kampanye makan sayur di Amerika Serikat pada waktu itu dan mengklaim berhasil meningkatkan konsumsi sayuran pada anak-anak sebesar 33%.

Maka, marilah perbanyak makan bayam untuk kekuatan otot kita. Hati-hati bila Anda menderita asam urat karena kandungan purin pada bayam sangat tinggi.

Sumber: Intisari-Online.com, K. Tatik Wardayati, Friday, 21 October 2011


Buat Akun Baru
Reset Password