Serangan Asam Urat Disebabkan Oleh Bulan

Selama berabad-abad, bulan disalahkan untuk berbagai macam hal, mulai sakit jiwa sampai perubahan kesuburan. Namun sampai sekarang belum ada yang mencari penjelasan yang berhubungan dengan luar angkasa untuk serangan asam urat/gout. Menurut teori ini, frekuensi serangan asam urat (gout) bervariasi sesuai fase siklus bulan dan kemungkinan disebabkan oleh gaya tarik bulan dan efeknya terhadap kristal tajam menyakitkan di dalam ibu jari kaki yang berdenyut dan bengkak.

Gout disebabkan penumpukan asam urat yang terbentuk dari penguraian senyawa yang disebut purin yang ditemukan di semua jaringan tubuh dan banyak jenis makanan, termasuk hati, kacang kering, dan kacang polong. Dalam keadaan normal, asam urat bergerak melalui ginjal dan keluar dari tubuh melalui urine, tapi asam tersebut bisa menumpuk di dalam darah jika jumlahnya terlalu banyak. Asam tadi kemudian beredar di dalam darah dan masuk ke sendi, yang paling umum pada ibu jari kaki, tempat asam tersebut membentuk kristal dan menyebabkan peradangan akut dan nyeri.

Pada banyak kasus, gout kambuh tanpa alasan yang jelas, dan dalam studi di Institut Riset Penyakit Rematik, Slovakia, para ilmuwan mencermati apakah bulan berperan dalam hal ini. Mereka meninjau sejumlah laporan serangan dari pasien untuk melihat apakah ada kecenderungan yang mengindikasi serangan ini berkaitan dengan siklus bulan.

Hasilnya menunjukkan bahwa memang benar ada pengaruh bulan, dengan puncak tertinggi terjadi saat bulan baru dan bulan purnama, yang terjadi bersamaan dengan efek pasang tertinggi bulan.

“Pengaruh bulan pada kehidupan dan manusia sering langsung dibicarakan dengan sikap skeptis akibat penanganan statistik yang tidak tepat terhadap data yang ada. Sepengetahuan kami, sama sekali tidak ada laporan yang membahas mengenai gout dan bulan,” kata para peneliti tersebut. Para ilmuwan, yang mengatakan telah mendapati adanya kesamaan antara pola peredaran bulan dengan serangan asma bronkial pada anak-anak, mengatakan bahwa tantangan besarnya adalah menjelaskan mekanisme yang menyebabkan bulan bisa memiliki efek yang begitu nyata.

Sebuah teori mengatakan bahwa melatonin, hormon yang memegang peran kunci dalam mengatur banyak fungsi, dan yang produksinya berhubungan dengan gelap dan terang, bisa jadi ikut berperan. Dugaan lain mengatakan bahwa bulan mempengaruhi kristal itu sendiri. Teorinya, memuncaknya serangan gout pada sekitar bulan baru dan bulan purnama bisa jadi akibat gaya tarik gravitasi bulan pada kristal.

Sepertinya, pada waktu sekitar bulan baru dan bulan purnama, sebaiknya obat penghilang rasa sakit siap tersedia.

Hal ini memperlihatkan bahwa selain faktor pola makan dan gaya hidup, faktor ‘astrologi’ seperti bulan ternyata juga bisa mempengaruhi tinggi-rendahnya serangan gout.

Referensi: M. Mikulecky dan J. Rovensky, “Gout attacks and lunar cycle”, Volume 55, hlm. 24-25.


Buat Akun Baru
Reset Password