Berjalan ke Sekolah Membuat Anak Lebih Cerdas

Sudah diketahui secara umum, anak-anak yang berjalan kaki atau naik sepeda saat pergi ke sekolah akan mengurangi risiko obesitas. Kini sebuah penelitian baru juga menyebutkan, berjalan membuat mereka lebih cerdas.

Seperti dilansir Daily Mail, peneliti dari Denmark yang mengatakan, anak-anak yang diantar dengan mobil oleh orangtua mereka atau memakai transportasi umum mengalami kesulitan berkonsentrasi saat belajar di sekolah.

Hasil penelitian ini dianggap mengejutkan. Karena, tujuan awal dari penelitian sebenarnya untuk mengetahui dampak dari kebiasaan sarapan dan makan siang pada anak-anak sekolah dengan kemampuan mereka untuk berkonsentrasi.

“Memang sarapan dan makan siang mempengaruhi konsentrasi belajar anak-anak. Tetapi dampaknya tidak sebanding dengan efek dari olahraga, atau Anda bisa mengatakan anak-anak yang memilih untuk berjalan kaki atau naik sepeda ke sekolah,” kata Niels Egelund, penulis utama penelitian ini.

Menurut para peneliti, berjalan kaki atau naik sepeda ke sekolah akan membuat anak-anak lebih mudah berkonsentrasi. Pelajaran akan dipahami dengan baik oleh mereka.

“Banyak orang tahu kalau olahraga membuat tubuh lebih segar. Namun, ternyata olahraga dalam jangka panjang juga memberikan dampak dan mendukung kegiatan lainnya. Jadi, penting bagi orangtua untuk membiarkan anak-anak mereka pergi ke sekolah dengan berjalan kaki atau naik sepeda,” kata Egelund.

Sebelumnya, sebua penelitian dari University of Montreal menyebutkan, olahraga membantu otak mengatur penggunaan oksigen yang lebih baik. Olahraga ini juga mampu mengurangi risiko stres dan mempertajam pikiran.

Sumber: Intisari-Online.com – K. Tatik Wardayati, Friday, 30 November 2012

Buat Akun Baru
Reset Password