Makanan Manis Menambah Lemak Tubuh

Bagi orang yang memiliki berat badan berlebih, diet merupakan salah satu cara untuk menurunkannya. Namun, tidak sedikit dari mereka yang gagal dalam program diet.

Obesitas atau kelebihan berat badan, penjelasan sederhananya adalah karena kelebihan kalori yang pada akhirnya disimpan sebagai lemak di dalam tubuh. Sudah banyak nasihat, seperti bagaimana, kiat-kiat, atau pedoman untuk memperoleh berat badan yang ideal. Sayangnya, tidak semua orang berhasil menjalankannya.

Salah satu yang paling mendasar adalah jumlah makanan manis atau gula. Apa yang harus dilakukan dengan itu? Memang, tak sedikit orang yang dapat memilih makanan apa yang mereka harus konsumsi dan mana yang tidak seharusnya. Namun, banyak yang tidak mampu melakukannya.

Menurut penjelasan dalam Economist, orang lebih cepat mengalami kenaikan berat badan karena banyak hal. Salah satunya karena kebiasaan kecil yang dibawa sampai dewasa. Kebiasaan kecil ini adalah mengonsumsi makanan manis. Beberapa peneliti menjelaskan, gula atau makanan manis dapat melepaskan dopamin di otak. Sementara, dopamin merupakan zat kimi yang dapat membuat orang kecanduan.

Dengan semakin banyak orang mengonsumsi makanan manis, maka dopamin yang dilepaskan pun semakin banyak. Karena dopamin sudah terakumulasi, sulit untuk menghindari dari makan makanan manis. Penelitian lain juga mengungkapkan, sebagian besar makanan manis mengandung unsur yang mampu membuat lemak lebih cepat daripada makanan biasa lainnya.

Setelah ini dopamin sukses mengontrol hormon yang disebut faktor homeostatis. Hormon ini bertanggung jawab terhadap sinyal otak yang mengirimkan sinyal lapar atau kenyang. Jika orang lapar, sinyal yang akan ‘membaca’ disebut ghrelin. Ketika orang merasa kenyang, maka apa yang disebut leptin adalah salah satu yang memainkan peran.

Kembali ke masalah makanan manis. Jika dopamin berhasil “mengacaukan” pola kerja faktor homeostatis, ghrelin dan leptin otomatis juga tidak bekerja secara seimbang dan maksimal. Karena kinerja tidak optimal dan seimbang, orang tidak bisa mengendalikan diet dan berat badan pun akan meningkat.

Selain makanan manis, ada banyak hal lain yang membuat orang semakin gemuk lebih cepat daripada kehilangan berat badan. Sukses berdiet tidak hanya datang dari latihan sendiri, tetapi keseimbangan antara diet dan kemauan.

Sumber: Intisari-Online.com – K. Tatik Wardayati, Wednesday, 19 December 2012

Register New Account
Reset Password

Lihat panduan!

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!