Sawi Hijau dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Siapa yang tidak tahu sayuran sawi? Sebenarnya sawi ini ada dua macam yaitu sawi hijau dan sawi putih. Namun, kali ini yang akan dibahas hanya mengenai manfaat sawi hijau.

Sawi hijau (Brassica rapa var. parachinensis L) merupakan jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sawi hijau ini dapat dikonsumsi secara langsung seperti dibuat lalapan, bisa juga dibuat tumis, ataupun disajikan sebagai pelengkap makanan lainnya. Semua bagian dari sawi hijau ini dapat dikonsumsi kecuali bagian akarnya.

Manfaat sawi hijau untuk kesehatan tubuh tercatat cukup banyak di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Mencegah penyakit.
Sawi hijau sama seperti bayam adalah gudangnya fitonutrien. Fitonutrien dikenal berkhasiat bagi kesehatan dan pencegahan penyakit.

Mengendalikan kolesterol dan mengurangi berat badan.
Hal ini dikarenakan sawi hijau sangat rendah kalori (26 kkal per 100 g daun mentah) dan lemak, namun kaya serat.

Membantu mengatasi wasir, sembelit, serta penyakit kanker usus besar.
Bermasalah dengan pencernaan? Konsumsi sawi hijau adalah pilihan tepat karena daunnya yang hijau gelap sangat kaya serat.

Membantu melawan kanker prostat, kanker usus, kanker payudara, dan kanker ovarium.
Sawi hijau merupakan sumber yang kaya antioksidan flavonoid, indoles, sulforaphane, karoten, lutein dan zeaxanthin. Indoles, terutama di-indolyl-metana (DIM) dan sulforaphane memiliki manfaat nyata dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Melawan radikal bebas dan infeksi virus.
Daun sawi segar adalah sumber vitamin C dimana menyediakan 70 mcg atau sekitar 117% dari AKG per 100 g. Vitamin C (asam askorbat) adalah antioksidan alami yang kuat.

Melihat beberapa manfaat tadi, ada baiknya mengonsumsi sawi hijau secara rutin. Namun, terdapat pengecualian bagi para penderita ginjal karena sawi hijau banyak mengandung oksalat. Kandungan oksalat yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan kristalisasi yang menjurus pada terbentuknya batu.

Sumber: Intisari-Online.com, Shinta Ario Kusuma Dewi, Sunday, 06 January 2013

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!