Seberapa Sering Anda Disarankan Keramas?

Seseorang terkadang mengalami dilema mencuci rambut alias keramas. Jika tak dicuci setiap hari, rambut menjadi kotor dan berminyak. Jika dicuci setiap hari, rambut menjadi kering dan keriting.

Ahli tata rambut Amerika berpendapat mencuci rambut setiap hari menguntungkan rambut dan kulit kepala. Namun seberapa sering anda mencuci rambut itu sebenarnya bergantung pada jenis rambut anda. Berikut paparannya dikutip dari dari SymptomFind, Senin (31/12).

1. Rambut gimbal

Rambut gimbal disarankan mencuci rambut sekali sebulan saja. Pasalnya, terlalu sering keramas dapat menyebabkan rambut gimbal menjadi kering dan rentan rontok. Namun, pemilik rambut gimbal dianjurkan menggunakan pelembab teratur.

2. Rambut kering

Pemilik rambut kering dan rapuh lebih baik mencuci rambutnya sekali sepekan. Sampo berfungsi menghilangkan minyak secara alami di kulit kepala. Pemilik rambut kering sebaiknya jarang mencuci rambut.

3. Rambut berminyak

Jika rambut anda berminyak secara alami, maka tak apa untuk mencucinya setiap hari. Jika kulit kepala menghasilkan sebagian besar minyak, maka keramas setiap hari akan lebih menguntungkan.

4. Rambut keriting

Rambut keriting sebaiknya mencuci rambut setiap 10 hari. Jika terlalu sering juga bisa membuat rambut menjadi rapuh dan kering.

5. Rambut berketombe

Jika anda memiliki rambut berketombe, maka ada masalah lain di kulit kepala anda. Anda disarankan mencuci rambut setiap hari untuk menghilangkan sel-sel kulit yang mati dari kulit kepala.

Sumber: Republika.co.id

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!