Selada, Rendah Kalori Penuh Nutrisi

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan malas makan daun selada. Sayuran ini sangat rendah kalori namun tinggi nutrisi. Apa saja sih manfaat yang bisa diambil dari daun selada?

Rendah kalori dan rendah lemak.
Satu porsi atau satu cangkir selada hanya mengandung 12 kalori. Oleh karena itu, sayuran ini baik dikonsumsi jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan.
Selada kaya akan serat dan selulosa. Selain membuat rasa kenyang, seratnya baik untuk pencernaan. Pencernaan lancar merupakan kunci penting dari menurunkan berat badan.

Baik untuk jantung.
Kandungan vitamin C dan beta-karoten dalam selada bekerja sama untuk mencegah oksidasi kolesterol. Selada juga dapat melindungi kesehatan jantung.

Asam lemak omega-3.
Benar-benar tidak suka ikan? Dapatkan asupan asam lemak omega-3 dari makan selada.

Tinggi protein.
Siapa bilang protein hanya ditemukan pada telur dan daging? Buktinya selada juga mengandung protein yang tinggi.

Insomnia.
Ada cairan putih yang bisa ditemukan dalam daun selada saat pemotongan. Rupanya cairan itu bersifat menenangnkan yang mirip dengan opium dan mampu berurusan dengan masalah insomnia.

Menetralkan asam.
Kandungan mineral dalam selada membantu tubuh mengeluarkan racun dan menetralisir asam di semua organ. Keseimbangan asam itu sendiri sering dikaitkan dengan energi yang stabil, berpikir cerdas, tidur, dan kulit yang sehat.

Rendah indeks glisemik.
Tingkat indeks glisemik pada selada adalah 15, karena kalori yang sangat rendah. Makanan dengan indeks glisemik rendah baik dikonsumsi bagi penderita diabetes atau kadar gula darah tinggi.

Dimakan mentah.
Selada dapat dinikmati dengan dikukus, digoreng atau dipanggang. Namun, seperti sayuran lainnya, yang terbaik adalah bila dimakan mentah.

Lezat.
Selada itu sayuran lezat. Jadi bukan hanya nutrisi saja yang ditawarkan oleh selada, tetapi juga sensasi manis sebagai sayuran.

Bagaimana dengan Anda, suka mengonsumsi selada?

Sumber: K. Tatik Wardayati, Intisari-Online.com, Sunday, 31 March 2013

Buat Akun Baru
Reset Password