Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Jantung, Otak, dan Darah

135035408577331051Kabar terbaru kini telah ditemukan bahwa cokelat memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Manfaat ketika memakan cokelat dapat dalam penjelasan di bawah, namun penting untuk diingat bahwa cokelat juga mempunyai kandungan lemak yang tinggi.

1) Cokelat Bagus untuk Jantung Anda
Studi menunjukkan bahwa dengan memakan sejumlah kecil cokelat sebanyak dua atau tiga kali setiap minggunya dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Cokelat dapat meningkatkan aliran darah dan dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Memakan cokelat juga dapat mencegah arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah).

2) Cokelat Bermanfaat untuk Otak Anda
Cokelat dapat meningkatkan aliran darah ke otak serta jantung, sehingga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Cokelat juga membantu mengurangi risiko stroke.

Cokelat juga mengandung beberapa senyawa kimia yang memiliki efek positif pada suasana hati Anda dan kesehatan kognitif. Cokelat mengandung phenylethylamine (PEA), bahan kimia yang diciptakan otak Anda ketika Anda sedang jatuh cinta. PEA mendorong otak Anda untuk melepaskan endorfin, sehingga mengonsumsi cokelat akan membuat Anda merasa lebih bahagia.

Cokelat juga mengandung kafein, stimulan ringan. Namun, cokelat mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi. 1,5 ons batang cokelat mengandung 27 mg kafein, dibandingkan dengan 200 mg pada delapan ons secangkir kopi.

3) Cokelat Membantu Mengontrol Gula Darah
Cokelat membantu menjaga pembuluh darah Anda tetap sehat dan sirkulasi tidak terganggu untuk melindungi dari diabetes tipe 2. Flavonoid dalam cokelat juga membantu mengurangi resistensi insulin dengan membantu sel-sel Anda untuk berfungsi secara normal dan mengembalikan kemampuan untuk menggunakan insulin tubuh Anda secara efisien. Cokelat juga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak akan menyebabkan lonjakan besar dalam kadar gula darah.

4) Cokelat Kaya Antioksidan
Cokelat sarat dengan antioksidan. Antioksidan membantu tubuh Anda bebas dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel. Radikal bebas yang terlibat dalam proses penuaan dan dapat menjadi penyebab kanker, jadi dengan memakan makanan yang kaya antioksidan seperti cokelat dapat melindungi Anda dari berbagai jenis kanker dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

5) Cokelat Berisi Theobromine
Cokelat mengandung theobromine, yang telah terbukti untuk mengeraskan email gigi. Itu berarti bahwa cokelat, tidak seperti kebanyakan permen lainnya, menurunkan resiko terkena rongga jika Anda berlatih kebersihan gigi yang tepat.
Theobromine juga merupakan stimulan ringan, meskipun tidak sekuat kafein. Ini bisa, bagaimanapun, membantu menekan batuk.

6) Cokelat Kaya Akan Vitamin dan Mineral
Cokelat mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dapat mendukung kesehatan Anda. Cokelat juga mengandung beberapa vitamin dan mineral berikut dalam konsentrasi tinggi:

• Kalium
• Tembaga
• Magnesium
• Besi

Tembaga dan kalium dalam cokelat membantu mencegah stroke dan penyakit kardiovaskular. Besi dalam coklat mencegah anemia defisiensi besi, dan magnesium dalam cokelat membantu mencegah diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Sumber: WASPADA ONLINE, Friday, 12 April 2013

Klik utk detail info.

banner-promo-hios-4

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!