Lama Pakai Earphone Tingkatkan Jumlah Bakteri di Telinga

Earphone kini menjadi salah satu benda wajib yang dibawa kemana saja bersama dengan handphone ataupun music player. Saat sedang sendiri berada di keramaian atau ingin mendengarkan musik di tempat umum pilihannya adalah menggunakan earphone agar tidak mengganggu orang sekitar. Tapi ternyata menggunakan benda satu ini diklaim memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan telinga.

Setelah sebelumnya para ahli mengungkapkan bahwa menggunakan earphone dengan volume keras dapat menyebabkan gangguan telinga, penelitian lain menunjukkan bahwa earphone adalah salah satu benda yang penuh dengan kuman. Menggunakan earphone dapat meningkatkan jumlah bakteri yang ada di dalam telinga.

Seperti dilansir dari Manchester Evening News, dalam sebuah jurnal kesehatan Online Journal of Health and Allied Science mengungkapkan bahwa sering menggunakan earphone dalam jangka waktu yang lama setidaknya minimal 1 jam dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri di telinga.

Hal yang sama juga diungkapkan dalam jurnal medis Laryngoscop bahwa setelah mendengarkan musik selama 1 jam bakteri meningkat dari 60 mikro-organisme menjadi sekitar 650 hingga 700 mikroorganisme.

Para peneliti dari Universitas Manipal, India juga menemukan bahwa menggunakan earphone bergantian adalah salah satu cara mentransfer bakteri dari telinga satu orang ke orang lain. Pernyataan tersebut merupakan hasil studi yang dilakukan terhadap 50 relawan yang berusia antara 18 hingga 25 tahun. Yang dibagi menjadi dua kelompok. Dan kemudian mengambil sampel bakteri pada telinga.

Kelompok pertama tidak terlalu sering menggunakan earphone bergantian dengan temannya bakteri meningkat hingga 56 %. Sedangkan kelompok kedua yang sering sekali menggunakan earphone bergantian dengan orang lain jumlah bakteri meningkat hingga 92 persen.

Dr Chiranjay Mukhopadhyay, yang memimpin penelitian tersebut menyarankan agar membersihkan dahulu earphone sebelum menggunakannya atau meminjamkannya pada orang lain.

Sumber: DREAMERSRADIO.COM – Jum, 6 Sep 2013

Buat Akun Baru
Reset Password