Meningitis Sembuh, Makanan Ini Bisa Jadi Obatnya

Penyakit meningitis dapat menyerang bagian penting dari tubuh yaitu otak. Pasien dengan penyakit ini juga harus memerhatikan asupan makanannya agar dapat membantu mempercepat kesembuhan.

Meningitis bisa disebabkan oleh virus atau bakteri yang masuk ke dalam otak melalui mulut atau hidung. Ini akan menyebabkan peradangan pada jaringan tipis yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Vaksinasi merupakan salah satu cara untuk membantu mencegah meningitis, dan gizi merupakan salah satu aspek penting dari pengobatan, demikian yang dilansir Livestrong.

Menurut University of Maryland Medical Center, makanan tinggi omega-3 asam lemak dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh meningitis serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Lemak tak jenuh ganda penting untuk fungsi otak serta mengurangi peradangan. Ikan seperti tuna, atau salmon adalah sumber yang efektif dari asam lemak esensial. Sumber lain termasuk biji rami, kedelai, walnut, biji labu dan minyak yang terbuat dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

Yoghurt yang mengandung probiotik dapat meningkatkan kesulitan pencernaan yang sering dikaitkan dengan meningitis. Probiotik dalam suplemen atau makanan dengan bakteri sehat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan infeksi meningitis. Probiotik mengandung strain bakteri sehat yang secara alami hadir di dalam perut Anda. Selain yoghurt, makanan lain yang sering mengandung probiotik termasuk susu dan keju. Tempe, produk kedelai yang mengandung bakteri sehat, dan miso merupakan sumber lain yang efektif dari probiotik.

Makanan yang tinggi vitamin C dapat melindungi Anda terhadap komplikasi serius jika Anda mengalami meningitis bakteri. Sifat antioksidan vitamin C membantu melawan radikal bebas yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dikaitkan dengan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan dapat membantu dalam mengobati meningitis bakteri. Sumber makanan yang efektif dari vitamin C termasuk buah jeruk dan tomat. Paprika merah, brokoli, stroberi dan kiwi merupakan sumber yang baik lain dari vitamin C.

Sumber: Niken Anggun Nurani – Okezone, RABU, 20 FEBRUARI 2013

Buat Akun Baru
Reset Password