8 Makanan dengan Kadar Gula Mengejutkan

World Health Organization (WHO) merilis sebuah laporan yang mencengangkan kemarin. Isi laporan tersebut meminta seluruh populasi dunia mengurangi konsumsi gula olahan dari 10% asupan kalori harian menjadi 5% saja. Itu sama dengan 25 gram (atau enam sendok teh) gula per hari untuk orang dewasa rata-rata.

Walaupun banyak orang berpikir mereka tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, kandungan gula sering tersembunyi di dalam makanan biasa yang kita makan dan bahkan diklaim sebagai makanan sehat.

“Sebagian besar gula yang dikonsumsi saat ini ‘tersembunyi’ dalam makanan olahan yang tidak dianggap sebagai makanan manis,” tulis mereka.

Konsumsi gula berlebihan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk diabetes dan kegemukan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang diam-diam mengandung banyak gula.
Saus tomat

1. Saus tomat yang dibeli dari toko mengandung gula tambahan. Faktanya, menurut World Health Organization (WHO), satu sendok makan saus tomat saja bisa mengandung sampai satu sendok teh gula.

2. Yogurt tawar tanpa pemanis memang bisa jadi pilihan sehat, tapi hati-hati dengan yogurt berasa karena mengandung gula tersembunyi dengan kadar tinggi. Yogurt rasa vanila mengandung 17 gram gula dalam setiap kemasannya, dan dua bahan lain yogurt merupakan produk turunan gula.

3. Anda mungkin merasa lebih sehat dengan meminum vitamin water alias air bervitamin, namun beberapa merek vitamin water justru mengandung gula yang kadarnya sama seperti satu kaleng soda! Satu merek vitamin water ternama bisa mengandung 32,5 gram gula dalam satu botol ukuran sedang.

4. Kecuali jika selai kacang yang Anda konsumsi benar-benar terbuat dari kacang tanpa tambahan apapun, selai kacang yang dijual di supermarket pada umumnya mengandung 3 gram gula per dua sendok makan. Ini belum ditambah garam, minyak dan makanan olahan lainnya yang dibuat untuk mengawetkan produknya.

5. Saus barbekyu siap pakai seringnya mengandung banyak gula tambahan untuk membantu menutupi cuka yang digunakan di banyak resep makanan yang memerlukan saus barbekyu. Proses karamelisasi gula menghasilkan sentuhan manis dan garing untuk daging panggang. Biasanya saus ini mengandung 14 gram gula per 2 sendok makan.
Oatmeal

6. Oatmeal alias bubur gandum adalah pilihan menu sarapan yang bagus. Namun, banyak oatmeal instan dengan varian rasa mengandung lebih banyak gula dari yang direkomendasikan. Satu brand oatmeal instan ternama rasa kayu manis mengandung 13 gram gula per kemasan. Untuk amannya, gunakan oatmeal polos tanpa rasa, dan tambahkan sendiri pemanisnya supaya tak berlebihan.

7. Saus spaghetti instan menggunakan banyak tomat. Demi menutupi rasa masam pada tomat, pabrik menggunakan gula untuk menciptakan rasa yang enak pada saus spaghetti siap pakai. Varian yang dijual di toko bisa mengandung 11 gram gula per setengan cup sajian.

8. Anda mungkin mengira Anda mengonsumsi makanan ringan sehat dengan memilih granola bar (kue gandum dicampur buah-buahan kering), namun kebanyakan granola bar mengandung banyak gula tambahan. Granola bar yang diberi tambahan chocolate chips atau dibalut cokelat biasanya lebih banyak mengandung gula daripada satu batang permen! (mu/da)

Sumber:

.

Camilan Coklat Manis yang Bisa Mengobati Diabetes

“Berat badan saya turun 10 kg dalam 2 bulan, kolesterol membaik, dan asam urat sembuh berkat ngemil Coklat Dach – Slimcho secara rutin. Saya konsumsi Slimcho 6 butir sehari (pagi, siang dan malam 30 menit sebelum makan). Maag akut saya sembuh, kadar gula juga turun (normal) karena ada turunan diabet dari keluarga. Dulu saya susah mengendalikan nafsu makan, sehari bisa 5 kali, sekarang bisa sehari 2 kali.”

Kresnindra, 32 tahun. Denpasar

DALAM 1 JAM DIABETES HILANG: “Pagi-pagi habis bangun tidur, saya test kadar gula darah puasa 135 mg/dl (sudah kategori kena diabetes). Saya coba obati dengan Coklat Dach – Arion 4 butir, 30 menit kemudian kadar gula darah turun jadi 127. Saya coba test lagi, 35 menit berikutnya turun lagi jadi 105 (normal). Ternyata Coklat Arion yang manis bisa menormalkan kadar gula darah saya HANYA DALAM WAKTU 1 JAM SAJA.”

Andi, 33 th. Yogyakarta

Yatno WaluyatKADAR GULA DARAH TURUN 81 POIN DALAM 3 JAM TANPA SUNTIK INSULIN: “Jam 5 pagi saya test glukosa sesaat 298 mg/dl (Diabetes). Lalu saya ngemil Coklat Dach – Arion 4 butir. Jam 6 pagi glukosa turun jadi 271, jam 7 pagi turun lagi jadi 237. Dan jam 8 pagi masih turun lagi ke arah normal jadi 217.”

Yatno, 60 tahun. Yogyakarta

Untuk informasi lebih detail tentang Coklat Dach – Slimcho dan Arion, silahkan KLIK DI SINI.

Register New Account
Reset Password