Tiap Malam Dokter Ini Jadi Gelandangan, Alasannya? Menakjubkan!

Dr Jim Whiters seorang dokter di Pittsburgh, Pennylvania setiap malam berdandan seperti layaknya gelandangan. Mengenakan pakaian lusuh, serta membawa tas usang. Ia berkeliling kota bersama rekannya, Mike Sallows. Apa yang sebenarnya ia lakukan?

Ternyata Jim setiap malam ‘menggelandang’ untuk mengobati gelandangan dan pengemis. Cara itu, dia lakukan supaya ia bisa diterima baik oleh para gelandangan dengan berpakaian seperti halnya yang mereka kenakan.

wRwkdK

Luar biasa, hal itu sudah dia lakukan sejak tahun 1992. Sejak saat itu, diperkirakan ia sudah mengobati lebih dari 26,400 orang dalam kurun waktu 22 tahun atau sekitar 1200 orang setiap tahun.

Adapun dari upayanya itu, ia kemudian mendirikan yayasan nirlaba ‘Operation Safety Net’ yang merupakan bagian dari Pittsburgh Mercy Health System. Kini, lebih dari 90 negara telah menerapkan hal serupa untuk mengembangkan unit kesehatan ‘jalanan’.

Bagaimana kegiatan mulia itu dimulai?

“Sejak mulai melihat isu-isu kesehatan, saya mulai menyadari bahwa masih banyak orang sengsara, dengan kondisi memperihatinkan dan belum bisa mengakses layanan kesehatan,” ucap Dokter Jim sebagaimana dilansir The Huffington Post.

Sejak saat itulah, Jim memiliki keinginan kuat untuk bisa membantu menolong gelandangan dan warga miskin di Pennsylvania. Sayangnya, saat itu Jim tak memiliki pengalaman di jalanan, sehingga ia kesulitan bagaimana mendekati para gelandangan itu.

Akhirnya, ia pun bertemu dengan Mike Sallows, yang dulunya merupakan gelandangan. Lewat Mike inilah, Jim banyak dibantu untuk menghubungkannya dengan komunitas gelandangan dan pengemis.

rsgSvr

“Jangan berpakaian seperti dokter, mereka tidak suka dengan hal itu,” itulah pesan Mike yang paling diingat oleh Jim.

Dari situlah ia mulai berpakaian seperti layaknya gelandangan. Berpakaian lusuh sambil membawa tas punggung berisi obat-obatan. Ia menghampiri para gelandangan di pinggir-pinggir jalan hingga di bawah jembatan.

Jasa mulianya ini telah menginspirasi lahirnya yayasan sosial di bidang kesehatan masyarakat kelas bawah yang diaplikasikan di 90 negara di seluruh dunia. Ia juga dianggap sebagai seorang pahlawan di Pittsburgh. Atas dukungan dari istrinya, Gayathri, setidaknya sudah ada 26 ribu orang gelandangan sejak tahun 1992 yang ia obati.

Sumber: TRIBUNJOGJA.COM – Kamis, 29 Januari 2015

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!