Sebuah penelitian di AS mengklaim bahwa mengonsumsi cokelat hitam lebih bermanfaat dibandingkan meminum jus buah. Namun yang patut dicatat adalah penelitian ini disponsori oleh perusahaan coklat Hershey.

Dengan segudang manfaat yang terkandung di dalamnya, cokelat memang kerap disebut sebagai makanan super (superfood). Penelitian menunjukkan, cokelat hitam mengandung kadar antioksidan yang tinggi serta zat-zat lainnya yang membantu mencegah kerusakan sel.

Para ilmuwan dari Hershey Centre for Health & Nutrition di AS dalam risetnya menyatakan bahwa cokelat hitam dalam bentuk serbuk memiliki lebih banyak antioksidan dan polifenols, yang keduanya dapat melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung.

Seperti dimuat dalam jurnal Chemistry Central Journal, peneliti membandingkan kandungan antioksikan dalam beberapa minuman seperti cokelat hitam, kakao, dan jus buah-buahan seperti acaiberry, cranberry dan buah delima.

Hasilnya menunjukkan, baik minuman cokelat hitam dan kakao menunjukkan aktivitas antioksidan yang lebih kuat dan menyumbang flavonol lebih banyak ketimbang buah. Kakao mengalahkan blueberry dan cranberry dalam hal antioksidan. Tetapi serbuk kakao masih kalah dibandingkan jus buah delima.

“Biji kakao seharusnya dipertimbangkan sebagai ‘superfruit’ dan produk yang diturunkan dari ekstrak kakao, seperti serbuk kakao alami dan cokelat hitam dilabeli ‘superfoods,'” kata peneliti.

Sumber: KOMPAS.com – Kamis, 22 September 2011

Tags:

©2020 Healindonesia. All Rights Reserved

Kontak via Email

Silahkan Anda menghubungi kami via Form Kontak ini.

Mengirim
WhatsApp chat

Masuk dengan data akun Anda

atau    

Lupa rincian login Anda?

Buat Akun