Jorok Sih, Tapi Ternyata Ini Manfaat Kebiasaan Menggigit Kuku

Setiap orang pasti kebanyakan akan menganggap kebiasaan menggigit kuku adalah hal yang jorok dan tak pantas dilakukan. Tak heran, karena kebiasaan ini punya banyak efek buruk untuk kesehatan tubuh.

Dokter gigi dan dokter kulit menyatakan bahwa kebiasaan ini bukan hanya bisa menyebabkan infeksi bakteri, masalah gusi dan menimbulkan penyakit tapi juga merusak kutikula dan kulit kuku. Tapi sebuah penelitian terbaru ternyata menyatakan hal sebaliknya lho.

Ada kemungkinan menggigit kuku punya manfaat kesehatan. Penelitian yang dilakukan peneliti asal New Zealand dan Canada yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics ini menemukan bahwa anak-anak yang memiliki kebiasaan menggigit kuku bisa menurunkan risiko terkena beberapa jenis alergi, seperti alergi gigitan serangga dan hewan peliharaan.

Para peneliti mengikuti perkembangan kelompok sekitar 1000 orang sejak kelahiran hingga usia 32 tahun dan menguji mereka secara berkala mengenai hubungan mereka dengan reaksi alergi. Secara mengejutkan, orang dewasa yang dulunya memiliki kebiasaan menggigit kuku waktu kecil tidak rentan terhadap alergi, dibanding orang dewasa yang dulunya tak punya kebiasaan menggigit kuku.

Hasilnya, anak-anak yang memiliki kebiasaan menggigit kuku atau mengisap jempol punya risiko kecil hingga 40 persen mengalami tes alergi saat dewasa. Jika punya kedua kebiasaan buruk ini, risikonya turun 31 persen.

Penemuan ini didukung dengan hipotesis tingkat kebersihan dan interaksi yang mungkin terjadi seperti misalnya infeksi bakteri, virus, sumber alergi dan lain sebagainya. Mikroba-mikroba ini bisa masuk ke tubuh dan membentuk populasi di dalam tubuh yang justru mengajari sistem imun tubuh untuk lebih kuat, mempertahankan diri dan terbiasa dengan bakteri atau virus tersebut.

Jadi, ketika tubuh benar-benar diserang bakteri sejenis yang lebih kuat tubuh bisa mempertahankan diri dan melawan bakteri, virus dan sumber alergi tersebut.

Sumber: Vemale.com – Febi Anindyakirana, 12 Juli 2016

.

Pengen Sembuh? Ayo Ke Supermarket!

Tumb Cover Buku Pengen Sembuh Ayo ke Supermarket - medBuku ini membahas tentang bagaimana memanfaatkan produk-produk yang di jual di supermarket untuk mengobati berbagai penyakit/masalah kesehatan.

Materinya sangat ilmiah, yang bisa Anda cari buktinya melalui jurnal-jurnal atau situs-situs ilmiah di internet. Di beberapa halaman buku ini memberikan penjelasan dan penelitian ilmiahnya. Dari sana pembaca akan melihat penjelasan dan komentar dari berbagai dokter dan peneliti.

Ada banyak sekali masalah kesehatan yang bisa diatasi dan diobati melalui produk-produk yang dijual di supermarket, namun tidak banyak yang tahu rahasia dan triknya untuk kesehatan.

>> LIHAT DETAIL <<

.

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!