Bagaimana Mengobati Flu & Gejalanya dengan Garam

Garam tidak hanya bermanfaat untuk memasak saja, tapi juga untuk mengobati flu dan gejalanya, seperti pilek, batuk, dan radang tenggorokan. Tapi tentu saja ada triknya.Tenggorokan yang sakit dan gatal, hidung tersumbat, adalah gejala yang umum dari flu di musim dingin / hujan. Untuk meredakan gejala-gejala ini, Anda bisa berkumur air garam.

Larutan garam dapat menarik kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan, sehingga luka ditenggorokan berkurang, kata Dr Philip T. Hagen, pemimpin redaksi dari “Mayo Clinic Book of Home Remedies”. Dr. Hagen menunjukkan bahwa berkumur air garam juga mengeluarkan lendir tebal, yang dapat menghilangkan penyebab iritasi seperti alergen, bakteri, dan jamur dari tenggorokan.

Dalam sebuah penelitian acak yang diterbitkan dalam The American Journal of Preventive Medicine pada tahun 2005, peneliti merekrut hampir 400 sukarelawan sehat dan mengawasi mereka selama 60 hari selama musim dingin dan flu. Beberapa subyek diberitahu untuk berkumur tiga kali sehari. Pada akhir masa studi, kelompok yang secara teratur berkumur mengalami penurunan hampir 40 persen infeksi saluran pernapasan atas, dibandingkan dengan kelompok kontrol, dan ketika mereka melakukannya saat sakit, “berkumur air garam cenderung melemahkan gejala bronkial,” tulis para peneliti.

Penelitian lain juga sama-sama menemukan bahwa berkumur air garam membantu melawan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

Tapi pastikan Anda memakai garam laut asli, bukan garam meja beryodium karena garam laut asli dan tradisional unsur mineralnya masih lengkap yaitu 84 unsur, sedangkan garam meja hanya 2-3 unsur, yaitu sodium dan klorida.

Cara menerapkannya adalah sebagai berikut: larutkan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat, lalu kumur dengan larutan ini untuk beberapa detik sebelum meludahkannya. Kumur ini juga harus kena langit-langit dan batas tenggorokan, yaitu dengan berkumur tengadah ke atas. Lakukan ini 3 kali sehari.

Selain itu, cara lainnya adalah setengah sendok teh garam laut dan 1 sendok makan madu asli dilarutkan ke secangkir air hangat, lalu Anda kumur sebentar saja dan telan. Lakukan ini 3 kali sehari.

.

Di Mana Bisa Mendapatkan Garam Laut Asli?

Anda bisa mendapatkannya di supermarket besar, di produsen garam laut tradisional langsung, atau bisa juga di toko peralatan aquarium (mereka menjual garam asli untuk air aquarium ikan laut). Atau bisa juga Anda beli di pasar tradisional terdekat.

Bentuk garam asli ada beraneka macam seperti terlihat pada gambar-gambar berikut:

Garam tradisional Bali.

.

Garam ‘krosokan’ di pasar tradisional.

.

Garam Himalaya impor.

.

Referensi: http://www.nytimes.com/2010/09/28/health/28real.html

.

 

Register New Account
Reset Password

Lihat panduan!

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!