Hasil Studi: Minyak Kelapa Bisa Mengurangi Efek Samping Kemo & Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker Payudara

Bukti penelitian tentang manfaat kesehatan dari minyak kelapa makin bertambah, terutama di negara-negara penghasil kelapa. Sebuah penelitian yang baru diterbitkan dalam jurnal Lipids in Health and Disease mempelajari wanita Malaysia yang menderita kanker payudara.

Para penulis penelitian secara abstrak menyatakan tujuan studi: “Penyakit dan pengobatannya dapat mengganggu kehidupan wanita serta mempengaruhi semua aspek kehidupan, dan dengan demikian dapat mengubah kualitas hidup wanita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh minyak kelapa murni (VCO = Virgin Coconut Oil) pada kualitas hidup (QOL = Quality Of Life) dari pasien yang didiagnosis dengan kanker payudara.”

Penelitian ini mengamati 60 wanita dengan kanker payudara stadium III dan  stadium IV. Tiga puluh wanita secara acak ditugaskan untuk kelompok kontrol tanpa suplementasi minyak kelapa murni (usia 30-64 tahun), dan 30 lainnya secara acak ditugaskan untuk kelompok yang menerima minyak kelapa murni (usia 31–73 tahun).

Hasilnya:

Ada perbedaan skor rata yang signifikan untuk fungsi dan kualitas hidup (QOL) di antara 2 kelompok. Kelompok yang menerima VCO memiliki skor yang lebih baik untuk gejala termasuk kelelahan, sesak nafas, susah tidur, dan kehilangan nafsu makan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak menerima VCO.

Meskipun ada pengurangan fungsi kesenangan seksual selama terapi kemo, kelompok yang diberikan VCO terlihat ada peningkatan skor fungsi payudara, citra tubuh, fungsi seksual, perspektif masa depan, gejala payudara, dan efek samping terapi sistemik. Konsumsi minyak kelapa murni selama kemoterapi membantu meningkatkan status fungsional dan kualitas hidup pasien kanker payudara. Selain itu, mengurangi gejala yang berhubungan dengan efek samping dari kemoterapi.

Perlu dicatat bahwa yang digunakan adalah minyak kelapa murni, bukan minyak kelapa untuk menggoreng. Makin berkualitas minyak kelapanya, makin bagus juga hasilnya dalam mengurangi efek kemoterapi.

Jadi pastikan VCO / minyak kelapa yang Anda pakai benar-benar asli, bukan dari kelapa hibrida, tidak diproses dengan pemanasan, tidak tengik, serta diambil dari buah kelapa berkualitas. Tentu Anda tidak mau main-main dengan kanker bukan? Jika Anda ragu dengan kualitas VCO di luar sana, silahkan Anda memesannya DI SINI.

Referensi: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4176590/

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!