Ini Bahayanya Terlalu Sering Begadang

Begadang apapun alasannya, baik karena pekerjaan atau memang karena tidak bisa tidur, tidak baik dilakukan terlalu sering. Ancaman kesehatan yang ada tentu tidak bisa diabaikan begitu saja.

Mulai sekarang yuk lebih perhatikan kesehatan tubuh dengan mencoba tidur lebih awal agar tidak mengalami hal berikut, dikutip detikHealth dari Livingly, Senin (23/10/2017).

1. Mudah gemuk

“Orang yang tidur larut malam dan tidur larut malam lebih banyak makan di malam hari, lebih banyak makanan cepat saji, lebih sedikit buah dan sayuran dan beratnya lebih banyak daripada orang yang tidur lebih awal dan bangun lebih awal,” menurut sebuah studi dari Northwestern University Feinberg School of Medicine.

2. Kualitas tidur menurun

Dengan berkurangnya jumlah waktu untuk tidur, otomatis kualitas tidur juga menurun. Dengan menurunnya kualitas tidur, tentu Anda akan merasa lebih mudah lelah sepanjang hari dan sulit berkonsentrasi.

3. Sistem imun menurun

Menurut sebuah studi di jurnal “Cancer Research” dari para peneliti di University of Chicago dan University of Louisville, tidur berkualitas buruk yang ditandai dengan sering terjaga (begadang) dapat mempercepat pertumbuhan kanker, meningkatkan keagresifan tumor dan meredam kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk mengendalikan atau membasmi kanker ditahap awal.

4. Masalah kesehatan tidur mengancam

Mulai dari sleep walking, mimpi buruk, peningkatan risiko sleep apnea atau narcolepsy (gangguan neurologis kronis yang mempengaruhi bagian otak yang mengatur kapan Anda tidur dan bangun) adalah ancaman nyata bagi Anda yang suka mengorbankan jadwal tidur Anda untuk bekerja lembur. Mulai sekarang yuk kurang-kurangi kebiasaan begadang.

Sumber: Aisyah Kamalia, DetikHealth, Senin, 23/10/2017

.

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!