Sayuran yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Ada banyak jenis makanan yang bagus untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat baik dalam bentuk jus, lauk pauk atau pun sayur. Meskipun ada beberapa jenis sayur yang menjadi pantangan penderita asam urat, namun masih ada beberapa jenis sayur yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Di antaranya yaitu:

Daun seledri

Daun seledri mengandung klorin, sulfur, asam lemak, potassium, inositol, folat, mangan, esensial, seng, selenium dan vitamin A serta vitamin B1 yang bermanfaat untuk menekan risiko penyakit asam urat.

Brokoli

Brokoli bisa memberikan dampak positif bagi penderita asam urat karena di dalamnya mengandung vitamin C. Cara yang paling baik untuk mengkonsumsi brokoli adalah dengan cara mengukusnya karena bebas minyak dan juga kolesterol jahat.

Jagung

Jagung memiliki kandungan kalium yang merupakan senyawa elektrolit. Kalium bisa menjaga fungsi organ tubuh dengan ceara mengendalikan dan menjaga cairan dalam tubuh. Sifat diuretik dari kalium bisa memperlancar pembuangan urin dan mencegah risiko infeksi saluran kemih. Selain itu, jagung juga mengandung vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang semuanya bisa membantu mengendalikan asam urat dalam tubuh.

Wortel

Selain bagus untuk mata karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, ternyata wortel juga bagus untuk penderita asam urat karena memiliki kandungan vitamin K, magnesium, serat dan folat. Meski tidak banyak, mengkonsumsi wortel bisa mencegah peradangan sendi dan kambuhnya asam urat.

Sawi hijau

Sawi hijau mengandung vitamin E, vitamin C, beta karoten, zat besi, fosfor, kalium dan kalsium yang bisa mencegah oksidasi sehingga bagus dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit asam urat.

Itulah tadi beberapa jenis sayuran untuk penderita asam urat. Tak ada salahnya jika mulai saat ini Anda memerhatikan asupan nutrisi ke dalam tubuh dengan menyeleksi jenis makanan yang dikonsumsi guna mencegah kambuhnya asam urat.

Buat Akun Baru
Reset Password